Wednesday, May 7, 2008

Autobracketing

autoexposure bracketing: -1
1/400 at f/9.0 - ISO 100 - Flash Off - Handheld - Cropped

autoexposure bracketing: 0
1/200 at f/9.0 - ISO 100 - Flash Off - Handheld - Cropped

autoexposure bracketing: +1
1/100 at f/9.0 - ISO 100 - Flash Off - Handheld - Cropped

*click photo for better viewing


In photography,
bracketing is the general technique of taking several shots of the same subject using different or the same camera settings. Bracketing is useful and often recommended in situations that make it difficult to obtain a satisfactory image with a single shot, especially when a small variation in exposure parameters has a comparatively large effect on the resulting image. (Wikipedia)

Autobrakecting is a feature of some more advanced cameras, whether film or digital cameras, particularly single-lens reflex cameras, where the camera will take several successive shots (usually three) with slightly different settings. (Wikipedia)

Read more...


Sekarang ini saya lagi lucu-lucunya belajar motret, browsing sana-sini tentang photography dan tentunya nanya sama teman-teman photographer yang baik hati. Saya punya kamera dslr itu bulan Oktober 2007, tapi baru bulan Januari 2008 saya mulai berani motret pake manual (biasanya pake AV). Nah sejak berani pake manual itu, saya jadi sering ngutak-ngatik fungsi yg ada dikamera saya, salah satunya adalah autobracketing ini.

After reading it, saya jadi semangat utk motret sunset... ya kebetulan saya memang belum pernah sih motret sunset seumur hidup. Alhamdulillah, akhirnya kejadian juga motret sunset dengan mengaplikasikan fasilitas autobracketing yg disediakan oleh kamera saya.
Hasilnya adalah ketiga foto diatas dan juga head bannernya negeri dongeng ini. Bagaimana? Tidak memalukan bukan for a beginner like me ;)

Pengen liat hasil foto-foto sunset saya yang pertama? Sok atuh mampir ke: Autobracketing Sunset in Bremerhaven.

---------
Read Auto Bracketing article from Vincent Bockaert: Auto Bracketing - www.dpreview.com -

All photos taken by: Sefa Firdaus
Camera: Canon EOS 400D
Lens: Kit Lens EF-S 18-55mm (UV filter attached)
Shooting Mode: Manual Exposure
AF Mode: Manual Focusing
Shooting Date: 15.02.2008
Editing: Cropping only
Location: am Deich, Bremerhaven, Germany

2 comments:

  1. Woaaa...menurut gue nih, kekuatan lo itu kayaknya di landscape, Fa. Kalo gue malah lemah, foto2 landscape yg gue bikin selalu keliatan gak idup.

    Gue selalu moto manual, kecuali kalo mau motoin anak2 gue yg terlalu lincah baru gue set auto. Seumur2 gue belom pernah nyoba fungsi autobracketing ini. Nyari tombolnya yg mana, Fa? Males banget buka2 buku panduannya. Mending nanya temen yg udah tau...hehehe.

    Eh, gue juga pengen tau banyak tentang White Balance. Selama ini selalu pake yg auto. Pengen banget nyoba semua pilihannya.

    Sori say, kepanjangan nulisnya. Udah kayak nulis imel aja...kekekek.

    Eniwei, thanks for sharing this :)

    ReplyDelete
  2. kayaknya sih gitu deh Sheil, karena memang gue lebih enjoy motret landscape daripada makanan, gak puyeng sama styling dan lighting, hihihi

    soal autobracketing, kayaknya lebih enak gue jelasin ditelpon deh say, biar langsung praktek.. gimana? kasih no rumah yak ke email gue yg itu tuh ;;) gue tunggu

    soal awb? gue juga cenderung pake auto sih kalo utk motret makanan, kalo motret landscape baru gue pake :D
    ntar gue bahas, tentunya setelah gue nanya sama temen2 photographer dan om google :D

    nulis panjang gak dilarang kok Sheil, bebas...

    your welcome, jangan lupa no telpon
    gue tunggu ya

    ReplyDelete