Wednesday, September 12, 2007

Barcelona: akhirnya Metro, Hotel dan Tiket

Mencari hotel di Barcelona itu gampang-gampang susah, apalagi kalau perginya mepet dan waktu yang dipilih adalah liburan Paskah. Awalnya kami gak mau susah dengan mendatangi travel biro langganan (langganan nanya, pergi dari sana sih belum pernah), dengan harapan bisa mendapatkan kembali paket perjalanan yang sempat mereka tawarkan tahun baru kemarin pada kami. Waduh! harganya itu loh.. bikin sakit mata (baca: mahal) dan belum lagi waktu liburan yang lamanya minimal 7 hari. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari semuanya sendiri dengan memanfaatkan internet gratis dari asrama yang kecepatannya bikin saya gak percaya, iyalah.. dibagi 2 gedung gitu loh :)

Setelah browsing sana browsing sini, kami memutuskan untuk tinggal di apartemen dengan alasan supaya bisa masak. Tapi setelah dipikir ulang, ngapain juga mau liburan kok masih harus masak? Kalo pengen masak mah tinggal aja di Bremerhaven, gak usah jauh-jauh ke Barcelona. Akhirnya kami-pun memutuskan untuk nginep dihotel saja yang menyediakan sarapan pagi, dan mulai mencari dengan meminta bantuan teman-teman disini. Akhirnya dapatlah kami hotel yang kami inginkan, tidak terlalu jauh dari kota dan dekat pantai. Wah, benar-benar sesuai dengan keinginan, pikir kami waktu itu, apalagi ditunjang dengan bewertung (review) yang rata-rata baik.

Read more...

Hotel di Spayol aneh, itu kata teman saya yang sempat menyelesaikan masternya disana. Kata-kata yang menyejukkan hati setelah melihat keadaan hotel yang akan kami tinggali during our stay in Barca. Kondisi hotel sih baik, hanya tidak seindah yang ada dibayangan, plus fasilitas yang membuat kami tertawa. Ya iyalah, wong international channel tv yg digembar-gemborkan itu adalah CNN dan Eurosport, yang juga merupakan fasilitas dari asrama saya di Bremerhaven apalagi ternyata Eurosport-nya versi Jerman, hehehe.. so ngapain juga jauh-jauh ke Barca? Tapi karena kami ke Barca bukan untuk nonton TV, jadi it's not a big deal, apalagi kamarnya bersih, kamar mandinya juga bersih dan karyawan hotelnya ramah-ramah semuah walaupun "gagu" (baca: gak bisa bahasa Inggris). Oya ternyata kami gak dapat breakfast loh, ini mah murni kesalahan saya yang salah baca aja kok dan pantainya sampai kami pulang gak keliatan, hehehe.

Kami menginap dihotel bukan karena gaya gak mau tidur di hostel, bukan! Kebetulan hostel yang di Barcelona apalagi yang ada dipusat kota fully booked pada saat kami kesana. Ternyata oknumnya adalah para British Hooligans yang datang rombongan bersama klubnya masing-masing demi menonton timnas England melawan Andorra dibabak kualifikasi Piala Eropa 2008, plus rombongan pelajar yang sedang study tour memanfaatkan liburan Paskah yang lumayan panjang (sekitar 2 minggu utk student di Jerman). Judulnya, Barcelona waktu kami kesana betul-betul padat merayap, penuh sesak namun tetap aman terkendali ;)

Hotel atau hostel dipusat kota sangat kami sarankan, karena keterbatasan waktu operasi dari alat transportasi disana. U-bahn (metro/subway) hanya beroperasi sampai jam 12 malam week-days dan jam 1 pagi week-end, sementara bus dan tram lebih singkat lagi (ini berdasarkan informasi yang kami dapat dari petugas di metro station, but please correct me if it's wrong). Jadilah kostum dugem yang sudah kami siapkan tersia-sia, dan hanya numpang jalan-jalan dalam koper tanpa sempat merasakan indahnya suasana malam di Barca (untuk menikmati kehidupan malamnya ya, kalau indahnya malam mah tiap hari, soalnya kami sampai hotel itu antara jam10-12 malam). Loh, memangnya gak ada taksi ya disana? Hmm ya, ada kok, tapi sangat tidak disarankan, muahaalll (5€ per 10 menit).

Actually, transportasi di Barca sangatlah murah (saya membandingkan dengan Bremerhaven khususnya dan DE pada umumnya) dengan ketepatan waktu yang tidak mengecewakan. Ada bermacam-macam jenis tiket yang ditawarkan oleh TMB (Transports Metropolitans de Barcelona) yang berlaku untuk semua jenis transportasi yang ada (kecuali taksi dan kereta cepat). Buat yang datang bersama pasangan, sangat disarankan untuk membeli tiket T10 yang bisa dipindahtangankan (alias boleh dipake rame-rame) dengan masa berlaku 1 tahun (ini nih yang bikin kami terkagum-kagum waktu kami membeli tiket di Bandara). T10 seharga 6,90€ (berlaku untuk 1 Zona) ini adalah tiket yang bisa kita pakai untuk 10 kali naik kendaraan/masuk stasiun metro (10 kali validasi) yang termasuk dalam TMB.

Berkunjung ke Barcelona pastilah kita ingin melihat keindahan kota dan objek-objek wisata yang ada disana. That's why, transportasi yang paling menguntungkan adalah Metro/Subway/U-bahn, dan tiket yang paling menguntungkan adalah T10. Sama seperti metro di Paris, untuk masuk kedalam metro station di Barca, kita harus menggunakan tiket sebagai pembuka pintu masuk (yang kemudian bisa kita berikan pada teman kita berikutnya dan berikutnya dstnya), dan begitu kita sudah berada didalam stasiun untuk pindah kemetro lainnya, tidak perlu memasukkan tiket lagi, jadi kalau cuma ingin berkeliling metro ke metro (tanpa keluar stasiun), hanya dibutuhkan 1 kali validasi. Selama kami berada di Barca, kami membeli 4 buah tiket T-10 dengan total harga 27,60€, bandingkan apabila kami membeli tiket untuk 5 hari dengan harga 20,80€ per orang, yang artinya kami menghemat 14€ dengan menggunakan tiket T10 tsb, menguntungkan sekali bukan?

Ooopppsss, almost forgot! Jangan pernah mencoba untuk naik metro tanpa tiket ya, walaupun kamu tidak ditegur waktu melompat pintu masuk ke stasiun, tapi petugas dengan anjing herder siap menanti didalam stasiun. Tenang, kamu tidak akan digigit oleh anjing tersebut, tapi hanya didenda 40€ saja!

---------
All photos are taken by me except my photo in front of hotel (taken by si Tukang Dongeng)
- Saya narsis di depan salah satu hotel di Barcelona, tapi beneran loh.. saya gak nginep disini.
- Metro Barcelona, bersih ya (merokok didalam metro denda 39€ something, ya jadi 40€ deh).
- Tiket T-10 (satu lagi disimpen si Tukang Dongeng).
- Si Tukang Dongeng, setelah keluar dari metro station Placa Espanya.